Minggu, 31 Maret 2013

Tips Penting di Tahun Pertama Kelahiran Bayi



Di tahun pertama Anda melahirkan bayi, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya mulai Anda perhatikan. Sejak melahirkan, Anda akan tidak hanya berinteraksi dengan bayi Anda, namun juga dengan orang sekitar. Jangan remehkan hal-hal tersebut.
Selain itu kita juga mesti lebih teliti dalam perawatan bayi agar si kecil tetap dalam kondisi higienis dan sehat. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di tahun pertama melahirkan anak Anda.
1. Menjaga kebersihan bayi
Bukan hanya masalah perawatan dengan mengganti popok dan memandikannya. Namun Anda juga perlu lebih hati-hati dengan orang-orang yang menjenguk bayi Anda. Bagaimana pun, mintalah dengan sopan pada mereka untuk mencuci tangan dan tidak sembarangan mencium bayi Anda. Hal ini demi kebaikan si bayi dan mereka pasti memakluminya.
2. Pilih baju hangat daripada selimut
Bayi tidak dapat mengendalikan apa yang ada di sekeliling mereka. Jadi, meski itu hanya sehelai selimut, kita perlu berhati-hati menggunakannya. Lebih disarankan menggunakan baju jangat dan kain penutup tangan serta kaos kaki. Hal ini untuk menghindari selimut menutupi wajah bayi dan membahayakan nyawanya.
3. Hindari rokok
Jauhkan bayi Anda dari jangkauan asap rokok dan polusi lainnya. Hal ini bahkan disarankan sejak masa kehamilan. Karena bayi yang ibunya menghisap rokok semasa hamil akan menambah resiko kematian mendadak pada bayi. Hal ini telah diteliti di Ohio, bahwa nikotin dalam rahim dapat mengubah pola nafas bayi sejak dalam kandungan.
4. Perbanyak pelukan daripada makanan manis
Pelukan seorang ibu memiliki kemampuan menenangkan yang jauh lebih menyembuhkan daripada asupan gula. Pembunuh rasa sakit dan tidak nyaman yang efektif adalah pelukan seorang ibu yang memiliki dampak menyeluruh pada bayi Anda.
5. Menghadapi syndrom baby blues
Ini adalah sindrom yang umum menghinggapi para ibu yang baru melahirkan. Untuk menghadapi syndrom ini, yang perlu Anda lakukan adalah perbanyak berkomunikasi (terutama dengan orang tersayang dan sesama ibu muda), stay positive dan menyadari bahwa Anda kini telah menjadi ibu sejati. Kuncinya adalah menjadi ibu yang aktif dan hindari kebosanan agar pikiran Anda teralihkan.
Itulah beberapa hal penting untuk dicatat di tahun pertama kelahiran anak Anda. Bukan hanya menjaga bayi, namun juga menjaga Anda sendiri. keep in touch dengan suami, sahabat, orang tua dan orang-orang tersayang.

sumber : http://anakbunda2-oke.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar