Minggu, 31 Maret 2013

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Melahirkan


Merencanakan kelahiran bayi yang sedang dikandung adalah salah satu hal yang luar biasa sekaligus menarik. Meski begitu ada hal-hal yang sebaiknya diketahui sebelum melahirkan.

Setiap ibu hamil pasti memiliki banyak pertanyaan seperti bagaimana rasanya melahirkan atau prosedur apa yang akan dilakukannya nanti. Tapi jika hanya memiliki asumsi-asumsi saja bisa menimbulkan kekecewaan dan frustasi.

"Jika dokter memiliki satu ekspektasi dan Anda memiliki ekspektasi yang berbeda, maka semuanya akan berakhir tidak bahagia," ujar dokter obstetri dan ginekologi, Dr Lissa Rankin, seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (27/10/2011).

Diperlukan komunikasi terbuka dengan dokter atau bidan yang nantinya membantu proses kelahiran. Selain itu ibu hamil juga sebaiknya sudah mencaritahu pilihan kelahiran apa saja yang tersedia, sehingga sudah memiliki sedikit gambaran.

Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang sebaiknya dibicarakan dengan dokter sebelum proses persalinan yaitu:

1. Rata-rata jumlah operasi caesar
Melahirkan secara caesar adalah sebuah operasi besar yang memiliki risiko dan komplikasi serta proses pemulihan yang lebih lama. Untuk itu ketahui bagaimana pengalaman dokter dan rumah sakit tersebut dalam menangani proses operasi caesar.

2. Intervensi
Beberapa intervensi bisa diberikan dalam membantu proses persalinan seperti obat pitocin yang biasa digunakan untuk induksi. Untuk itu tanyakan pada dokter intervensi apa yang biasa diberikan apakah induksi, episiotomi atau menggunakan bantuan vakum dan forcep.


3. Proses persalinan
Ketahui proses apa saja yang biasa digunakan dalam persalinan seperti secara normal atau operasi caesar. Jika ingin melahirkan di rumah maka perhatikan hal-hal apa saja yang diperlukan serta mengetahui kondisi bayi apakah memungkinkan untuk melahirkan di rumah atau tidak.

4. Penghilang rasa sakit dan nyeri
Jika berencana menggunakan epidural, maka ketahui jenis obat apa saja yang ditawarkan untuk hal ini. Jika ingin melahirkan secara alami penting untuk mengetahui metode apa saja yang ditawarkan untuk membantu meredakan rasa sakit.

5. Rencana melahirkan
Ibu hamil sebaiknya mengkonsultasikan dengan dokter dan perawat mengenai rencana melahirkannya seperti apa, misalnya ingin melakukan inisiasi menyusu dini setelah bayi lahir. Rencana ini juga sangat membantu jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

sumber : http://anakbunda2-oke.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar