Minggu, 31 Maret 2013

Latihan untuk Meratakan Perut Setelah Melahirkan


Setelah melahirkan, seorang wanita tentu akan kehilangan bentuk badannya yang ramping seperti sebelum hamil. Otot perut akan mengendur dan perut menjadi buncit bergelambir yang dapat mengganggu penampilan wanita.

Lakukan beberapa latihan yang dapat mengencangkan otot perut dan membuat perut kembali rata. Tetapi berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda memenuhi persyaratan untuk melakukan latihan tersebut.

Seperti dilansir onlymyhealth, Jumat (24/8/12) berikut jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk meratakan perut setelah melahirkan:

1. Sit up

Untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala sebelum hamil dan melahirkan, mulailah dengan latihan sederhana seperti sit up. Luangkan waktu dan kerahkan sedikit usaha untuk melakukan gerakan sit up, karena dapat membantu meratakan perut.

Berbaringlah dalam posisi telentang dan kemudian tekuk kedua lutut. Angkat badan untuk menekan otot perut. Latihan ini bisa dilakukan sepanjang hari secara berkala agar perut kembali rata.

2. Latih otot punggung Anda

Berbaringlah dengan punggung di lantai lalu tekuklah kedua lutut Anda dan tempatkan tangan di belakang leher untuk mendukung kepala Anda. Tekan punggung bagian bawah ke lantai dan kemudian angkat kepala dan bahu dari lantai.

Ulangi latihan ini hingga 10 sampai 15 kali. Tingkatkan level kesulitan dengan mengangkat kaki dari lantai selama pengulangan atau melakukan beberapa variasi seperti kaki miring ke samping. Latihan ini dilakukan untuk menyelaraskan otot yang miring pada sisi badan Anda.


3. Penguatan otot perut

Latihan ini adalah latihan penguatan perut yang dapat dilakukan satu bulan setelah melahirkan. Untuk latihan ini, Anda harus berbaring telentang dengan lutut ditekuk ke arah langit-langit.

Dorong perut dan punggung ke lantai saat Anda mengeluarkan napas. Kemudian perlahan-lahan gerakkan kedua kaki dari badan dan gunakan otot perut untuk menjaga punggung Anda terhadap lantai. Ketika posisi meulai melengkung, tarik kaki Anda kembali ke posisi awal.

4. Latihan dengan bola

Ambil bola plastik besar yang juga digunakan pada senam ibu hamil. Latihan menggunakan bola juga merupakan cara yang bagus untuk meratakan perut pasca melahirkan. Terlentang di atas bola mirip dengan sit-up biasa tetapi latihan ini menambahkan elemen keseimbangan yang lebih menantang.

sumber : http://anakbunda2-oke.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar