Minggu, 31 Maret 2013

Ibu Hamil Rentan Diabetes, Jaga Asupan Makanan


Jakarta, Saat hamil wanita sering kali mengalami peningkatan nafsu makan. Sepertinya saat berbadan dua,seorang perempuan ingin makan apapun tanpa peduli sehat atau tidak sehat. Tapi hati-hati ya, selain membuat berat badan meningkat luar biasa, perlu diwaspadai juga peningkatan gula dalam tubuh.

Hasil penelitian mengatakan bahwa ibu hamil 3 kali lebih berisiko mengalami diabetes. Diabetes yang umumnya dialami ibu hamil ini dikenal sebagai diabetes gestasional. Penyakit ini biasanya dialami perempuan yang hamil di usia 30 tahun.

Pada usia ini ibu hamil mengalami kenaikan berat badan, padahal sebelumnya mereka juga sudah mengalami kelebihan berat badan. Menurut para ahli, satu bulan atau setahun setelah melahirkan maka ibu akan memasuki diabetes tipe 2. Dikutip dari foxnews, Senin (11/3/2013), sekitar 5 sampai 6 persen atau sekitar 240.000 wanita hamil di Amerika mengalami diabetes gestasional.

Ini adalah salah satu komplikasi yang terjadi saat mengalami kehamilan, dan hampir semua wanita akan mendapatkan pemeriksaan ini. Karena jika gula darah ibu terlalu tinggi maka akan membuat janin terlalu besar sehingga bisa lahir lebih cepat atau harus melahirkan dengan cara caesar.

Kebanyakan dokter di Amerika melakukan pendekatan dua langkah, namun saat ini beralih pada pendekatan satu langkah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan pada saat pemeriksaan dan mengurangi gula sejak dini.

Tes seperti apakah itu? Berdasarkan metode dua langkah, setiap wanita hamil minum cairan super-manis, kemudian mereka melakukan tes darah satu jam kemudian untuk melihat bagaimana tubuh memproses gula. Mereka yang gagal mengulang tes dengan minuman yang lebih besar dan tes darah selama 3 jam. Dengan metode satu-langkah, setiap orang akan mendapatkan tes dua jam saja.

Beberapa dokter sudah mencoba pendekatan sederhana ini. "The Oregon Health & Science University memulai menggunakannya pada musim panas lalu dan dua kali pada kasus diabetes gestasional," ujar ketua kebidanan, dr Aaron Caughey.

Pusat medis menyebut tak ada salahnya mencoba karena perempuan bahkan dengan diabetes ringan pun bisa mendapatkan manfaat dari konseling gizi dan tanggungan asuransi terkadang tidak dapat menutupinya kecuali sudah ada diagnosa yang jelas," katanya.

Kira Fonteneau adalah ibu hamil yang didapati memiliki penyakit diabetes itu. Padahal ia tidak memiliki berat badan berlebih. Meski menurut dokter, penyakit diabetesnya masih ringan, namun Kira tetap saja sedih.

Berbekal saran ahli gizi dan melakukan cek gula darah secara teratur, mengubah pola makannya, serta mengurangi karbohidrat. Dengan cara itu diharapkan dia dapat menjalani hidup yang lebih baik.

"Pengetahuan adalah kekuatan, jika Anda ingin memiliki bayi yang sehat," kata Kira.

Kini anak Kira yang diberi nama Sydney sudah berumur 2 tahun. Bayi itu lahir dengan berat 2,3 kilogram dalam keadaan sehat. Setelah melahirkan, Kira juga bisa menyusutkan berat badannya dengan cukup cepat.

Diabetes merupakan penyakit yang tak bisa diremehkan. Sebab penyakit ini kerap menimbulkan komplikasi lainnya seperti tekanan darah tinggi, bayi lahir dengan gula rendah, dan sangat memungkinkan bayi mengalami obesitas di masa kanak-kanaknya.

sumber : http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar